Minggu, 24 Maret 2013

Seasoning Humidor untuk Cerutu

Humidor merupakan salah satu komponen penting dalam perawatan dan penyimpanan Cerutu Indonesia. Fungsi utama humidor adalah untuk menjaga kelembaban cerutu dan melindunginya dari perubahan suhu yang terlalu drastis.

Namun sebelum dapat dipakai untuk menyimpan cerutu, humidor yang baru dikirimkan dari pabrik harus melalui proses seasoning untuk mengkondisikan kelembaban kayu interiornya agar dapat menjaga kelembaban cerutu indonesia dengan benar. Disini kita akan membahas beberapa metode seasoning humidor, pilihlah yang menurut Anda paling sesuai dengan waktu yang Anda miliki.

Classic Seasoning (1-3 minggu)

Metode ini adalah yang paling klasik dan terbaik untuk seasoning humidor. Lakukan cara seasoning ini bila Anda memiliki banyak waktu dan tidak ingin terburu-buru menggunakan humidor untuk menyimpan cerutu indonesia Anda. Metode ini dilakukan dengan:
  • Membasahi humidifer yang sudah tersedia pada humidor Anda dengan humidifier liquid (Anda bisa membelinya, atau mendapatkannya gratis bila membeli cerutu di Javan Cigars). Pastikan cairan tidak menetes, namun cukup banyak sehingga spons terasa basah bila disentuh.
  • Bila ingin mempercepat proses, bisa juga ditambahkan spons cuci baru (tidak boleh bekas pakai) yang dibasahi dengan aquadest sampai lembab lalu dimasukkan dalam plastik yang dilubangi bagian atasnya atau dibiarkan terbuka.
  • Masukkan humidifier dan spons diatas kedalam humidor. Pastikan tidak ada cairan yang menetes atau menyentuh langsung bagian dalam humidor!
  • Tutup humidor dan biarkan sampai hygrometer menunjukkan angka 70%.
Banyak orang mengatakan bahwa cara klasik ini adalah yang terbaik karena hanya uap air yang menyentuh bagian dalam humidor. Dengan cara ini, kayu bagian dalam humidor dilembabkan secara perlahan, sehingga uap air tersebar secara alami dan merata kedalam pori-pori kayu.

Spray Seasoning (2-3 hari)

Metode kedua bertujuan mempercepat seasoning secara signifikan. Cara ini mempercepat proses penyebaran uap air dengan cara menyemprotkan air dengan sangat hati-hati kedalam humidor.
  • Lakukan langkah yang sama dengan Classic Seasoning dalam membasahi dan memasukkan humidifier dan spons kedalam humidor.
  • Isilah sprayer bersih dengan aquadest secukupnya, lalu atur agar spray yang dihasilkan sehalus dan sekecil mungkin. Lakukan percobaan terlebih dahulu agar spray terbentuk seperti kabut. JANGAN gunakan sprayer bila spray yang dihasilkan terlalu besar dan dapat membasahi humidor!
  • Semprotkan sprayer satu kali saja dari jarak sekitar 20-30 cm dari bagian dalam humidor. Berhati-hatilah agar jangan sampai ada percikan atau tetesan air yang masuk ke dalam humidor. Bila ada air terpercik, segera lap dengan handuk kering bersih (jangan gunakan tissue).
  • Tutup humidor dengan segera, tunggu 12 jam, bila hygrometer masih menunjukkan RH dibawah 70% ulangi langkah penyemprotan sampai RH konstan.
Metode Spray Seasoning secara umum meniru keadaan pada Classic Seasoning namun mempercepat terbentuknya uap air. Bila dilakukan dengan benar, cara ini mampu men-seasoning humidor dengan baik dalam waktu yang jauh lebih cepat. Bagaimanapun, tetap ada resiko pada metode ini. Lakukan dengan seksama dan hati-hati.

Wipe Seasoning (12-20 jam)

Metode tercepat dalam men-seasoning humidor. Lakukan cara seasoning ini bila Anda harus segera menggunakan humidor anda untuk menyimpan cerutu indonesia Anda. Metode ini dilakukan sebagai berikut:
  • Basahi spons cuci baru (tidak boleh bekas pakai) dengan air destilasi secukupnya sampai terasa lembab. Pastikan spons tidak terlalu basah dengan menaruhnya diatas handuk kering bersih kira-kira 30 menit.
  • Usapkan spons ke seluruh bagian interior humidor secara merata tanpa memeras spons. Bila spons tidak sengaja terperas dan air menetes kedalam humidor, segera lap dengan handuk kering bersih (jangan gunakan tissue). Berhati-hatilah, kayu yang terlalu lembab dapat membengkok dan dapat menjadi sarang bagi jamur.
  • Tambahkan sedikit aquadest pada spons dan masukkan spons lembab kedalam plastik terbuka.
  • Masukkan spons kedalam humidor bersama dengan humidifier yang telah disiapkan (seperti dalam metode Classic Seasoning).
  • Biarkan semalaman sampai hygrometer menunjukkan RH 70% secara konstan.
Cara ini digambarkan beberapa cigar aficionado konservatif sebagai forced seasoning (pemaksaan seasoning). Namun bila dilakukan dengan benar cara ini sangat efektif menghemat waktu dan terbukti tidak membawa kerusakan bagi humidor. Cara seasoning ini pun sudah banyak direkomendasikan oleh cigar aficionado yang lebih revolusioner. Bagaimanapun juga cara ini adalah yang paling beresiko, jadi lakukanlah dengan hati-hati! Tentunya kita tidak mau humidor yang sudah dibeli dengan harga mahal justru menjadi sarang jamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar